Jasa Pembukuan dan Konsultasi Keuangan UKM | Bikin Website | SEO | Maintenance | 08138 1052 840 | 310DABB9

Kamis, 20 Desember 2012

Jasa Bangun Rumah
Jasa Bangun Rumah

Jasa Bangun Rumah | Apa juga yah hubungan antara jasa ini dengan pembukuan sederhana, apakah ada suatu sistem tertentu untuk membuat pembukuan pada bidang bidan tersebut. Kadang saya juga kurang paham dengan pola perhitungan mereka dalam menghitung sebuah biaya yang harus dibayarkan dalam membangun sebuah rumah. Pada dasarnya setiap usaha memiliki karakteristik dalam proses pembukuan dan menentukan biaya produksi suatu usaha. Seperti hal nya para kontraktor mereka mempunyai suatu sistem perhitungan tersendiri untuk dapat menentukan berapa jasa yang harus mereka terima dalam membangun sebuah rumah. Tetapi pada akhirnya untuk dapat membuat suatu laporan keuangan akan membuat berupa laporan laba rugi, neraca, arus kas dan perubahan modal juga pada akhirnya.

Saat ini pun saya masih berusaha untuk mempelajari sistem yang harus diterapkan ketika menghadapi perusahaan jasa bangun rumah, seperti yang saya utarakan diatas bahwa setiap usaha mempunyai karakteristik yang harus kita pelajari dengan seksama, walau secara dasar dan proses akuntansi tetap sama yaitu pengumpulan bukti bukti transaksi yang kemudian di catat dan dikumpulkan untuk menjadi sebuah informasi akuntansi yang berguna bagi internal dan eksternal perusahaan. Secara proses pencatatan tidak akan jauh berbeda untuk masalah keluar masuk uang dan juga biaya tetapi yang jadi berbeda adalah ketika mereka menentukan sebuah proyek apakah ini menguntungkan atau tidak.

Pada proses pembukuan sederhana perusahaan jasa bangun rumah yang menjadi pembeda adalah proses penentuan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat membangun sebuah bangunan permeter persegi. Berapa biaya tukang yang harus dikeluarkan, kapasitas  pekerjaan tukang yang harus di bebankan terhadap pekerjaan bangunan permeter perseginya. Untuk pencatatan kas lebih menitik beratkan kepada pembelian bahan bangunan yang dibutuhkan selain itu juga proses pembayaran gaji yang harus di bayarkan setiap bulannya. Untuk perhitungan laba rugi karena usaha jasa ini biasanya mengandalkan pembayaran termin dimana pembayaran dilakukan setelah prosentase pekerjaan bangunan yang telah diselesaikan. Nah mungkin itu saja pandangan saya tentang proses pembukuan sederhana jenis usaha ini, untuk memperoleh biaya permeternya dapat melihat di bangun-rumah.info sebagai bahan referensi. 

Pin It

1 komentar:

  1. Anda telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Saya akan membookmark dan kembali ke sini lain kali untuk membaca lebih lanjut.

    BalasHapus