Jasa Pembukuan dan Konsultasi Keuangan UKM | Bikin Website | SEO | Maintenance | 08138 1052 840 | 310DABB9

Selasa, 25 September 2012


Hai sobat para pengusaha baik pemula atau para pengusaha yang telah lama merintis usaha. Pernah kah kita sadari bahwa tak sedikit usaha pada skala UKM yang menghadapi kendala usaha disebabkan karena tidak dimilikinya sebuah pencatatan dan pembukuan sederhana keuangan. Bahkan ada diantaranya yang sama sekali belum membukukan secara lengkap keuangan usaha. Tanpa disadari, hanya karena meninggalkan pembukuan atau karena pebisnis tidak memahami atau dianggap sebagai kegiatan yang merepotkan, sebuah usaha bisa-bisa tidak berkembang. Banyak hal yang mungkin kita anggap sepele tentang masalah pembukuan ini, sehingga para sobat pengusaha menganggap remeh segala sesuatu hal yang berhubungan dengan pencatatan keuangan suatu usaha.
Banyak hal yang luput menjadi perhatian para pelaku UKM saat ini baik dari masalah pencatatan, penyelenggaraan pembukuan, administrasi dan juga dari cara mengelola usaha mereka. Bagi pelaku UKM dengan berjalannya suatu usaha dengan baik dan tetap berlangsungnya roda usaha sudah merupakan kebahagian. Mereka banyak terjebak dengan melihat tingginya omzet penjualan yang mereka peroleh. Padahal dalam melihat dan menganalisa perkembangan usaha banyak aspek yang harus diperhatikan.  omzet penjualan usaha merupakan bagian kecil dari gambaran maju dan mundurnya suatu usaha. Cermat membaca situasi pasar, dan mengembangkan suatu produk dan inovasi merupakan beberapa langkah yang dapat menunjang keberhasilannya suatu usaha yang sedang dan akan kita jalani. Kegunaan pembukuan saat  tidak hanya diperlukan oleh pelaku UKM saja tapi juga diperlukan oleh pemerintah dan investor dalam menilai kinerja suatu usaha.
Setiap pelaku UKM perlu tahu dan memahami dari mana uangnya berasal dan kemana dan untuk apa uangnya dibelanjakan. Berapa banyak harta yang mereka miliki. Sebuah sitem akuntansi dan pembukuan sederhana akan dapat memecahkan masalah seperti ini, dan membuat pelaku UKM akan dapat fokus dalam menghasilkan uang. Untuk dapat fokus menghasilkan uang perlu dibuat dan diterapkannya suatu proses pencatatan harian yg rapih merupakan kunci suksesnya suatu usaha. Memulai pencatatan dan pembukuan sederhana keuangan yang secara modern disebut akuntansi keuangan, bisa dimulai dari cara yang sederhana yang dibuat secara manual. Ayo sobat pengusaha saat nya kita memperbaiki sistem pembukuan dan keuangan usaha kita. Semoga Blog ini bermanfaat....

Pin It

1 komentar:

  1. Anda telah melakukan pekerjaan yang fantastis. Saya akan membookmark dan kembali ke sini lain kali untuk membaca lebih lanjut.

    BalasHapus